Kamis, 07 Juni 2018

Yutuk , makanan khas Kebumen

Yutuk , menjadi ciri khas makanan kota kebumen

Apakah kalian pernah mendengar istilah yutuk ????? jika anda berkunjung ke pantai yang ada di Jawa Tengah khususnya daerah Kebumen tentulah tidak asing dengan istilah yutuk . Undur-undur laut, ketam pasir, atau juga yutuk, adalah sebangsa krustasea mirip ketam yang tergolong dalam superfamilia Hippoidea. Hewan beruas-ruas yang hidup di pasir pantai pada garis air laut. Undur-undur laut hidup dengan menggali pasir di batas air laut di pantai. rasa dari yutuk sendiri yaitu seperti udang dan sangat bergizi untuk tubuh kita. diantaranya yaitu kandungannya seperti : undur-undur laut diduga mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi sekitar 0,29-0,32 % (Nettleton, 1995). Hasil penelitian Musrsyidin dkk (2002) menunjukkan bahwa undur-undur laut mengandung lemak total yang cukup tinggi, berkisar antara 17,22 – 21,56 %; asam lemak omega 3 total (EPA dan DHA) yang cukup tinggi pula, yaitu berkisar antara 7,75 – 14,48 % dibandingkan dengan beberapa jenis crustacea lain, seperti udang, lobster, dan beberapa jenis kepiting; Sedangkan kandungan EPA (6,41 – 8,43 %) lebih tinggi dibandingkan kandungan DHA (1,34 – 6,57 %). dan hewan ini hidup dengan cara menggali pasir di batas pantai. 


ada aneka ragam makanan yang bahan dasarnya dari yutuk contohnya : 

1. rempeyek yutuk

Hasil gambar untuk manfaat yutuk dan harganya pun sangat terjangkau cukup anda mengocek uang sekitar 2000 per satu rempeyek. dan rasanya pun tidak diragukan lagi loh ???? sangat gurih dan renyah.

2. kentaky yutuk

 Hasil gambar untuk manfaat yutukdan yang satu ini ngga kalah enak loh . dan harganya pun tidak ,membuat kantung menipis sekitar Rp 10000 per bungkus. dan adapun olahan - olahan yang lainya kerupuk dari yutuk, dan masih banyak lagi . dan jika anda penasaran dengan rasanya silahkan berkunjung ke daerah kebumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TES EPPS

BAB I PENDAHULUAN   1. Latar Belakang Tes Potensi Akademik adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang di ...